Sunday, September 25, 2011

Pentingnya Memiliki HTML Sitemap Untuk Blog Anda


Sebelum kita bahas lebih jauh soal HTML Sitemap, pertama-tama apa dulu HTML Sitemap itu? HTML Sitemap adalah sebuah halaman yang menggambarkan garis besar struktur blog anda secara keseluruhan. Pada halaman tersebut, link menuju halaman-halaman penting pada blog anda ditampilkan.

Kalau masih bingung, ini salah satu contoh HTML Sitemap:www.erwinmiradi.com/arsip/
Saya namakan ‘Arsip’ karena halaman tersebut sebenarnya tidak lebih dari sebuah halaman HTML yang secara garis besarnya memperlihatkan isi blog saya. Halaman tersebut cuma berisi semua artikel-artikel yang saya dan rekan-rekan tulis setiap bulannya, plus dengan link ke masing-masing halaman tersebut.
Lalu apa bedanya HTML Sitemap dan XML Sitemap? XML Sitemap adalah sebuah halaman yang juga menggambarkan garis besar struktur blog anda, namun bentuknya tidak diperuntukkan untuk manusia, tapi untuk bot mesin pencari. Beberapa XML Sitemap bahkan hanya menampilkan rangkaian kode yang tidak dapat dibaca oleh manusia, kecuali jika anda punya kemampuan membaca bahasa bot.
XML Sitemap biasanya digunakan jika halaman-halaman pada blog tidak terindex ‘sebagaimana mestinya’. Tapi jika anda tidak punya masalah dengan index blog anda, penginstalan XML Sitemap sebenarnya tidak perlu diprioritaskan.
Sedangkan HTML Sitemap sangat  penting perannya. Pertama, karena HTML Sitemap dapat membantu para pengunjung blog untuk melihat daftar halaman dan artikel yang anda punya dalam sebuah blog.
Kedua, HTML Sitemap sangat membantu dalam hal index. Dari percobaan-percobaan yang dilakukan para webmaster, disimpulkan bahwa blog-blog dengan HTML Sitemap memiliki potensi index lebih cepat daripada blog-blog tanpa HTML Sitemap.
Asumsinya, karena HTML Sitemap yang berisi link ke semua halaman  postingan anda memudahkan bot mesin pencari dalam mengindex struktur blog anda secara keseluruhan tanpa harus mondar-mandir dari satu halaman ke halaman lain.
Jadi idealnya secara SEO, setiap halaman blog sebaiknya melink ke halaman HTML Sitemap, lalu halaman HTML Sitemap akan melink kembali semua halaman dalam blog tersebut (agar lebih efisien, anda bisa menghapus halaman-halaman yang tidak penting pada HTML Sitemap seperti Kebijakan Privasi atau Kontak). Salah satu cara yang paling efektif untuk ini adalah dengan meletakkan link halaman HTML Sitemap pada kolom navigasi (dibawah header) atau pada bagian footer.
Dan, ada satu trik SEO jitu yang tidak banyak diketahui orang: Arahkan external link menuju ke halaman HTML Sitemap anda. Kenapa? Karena dengan begitu, external link tersebut akan berefek langsung kepada setiap halaman blog anda. Jika external link anda hanya mengarah pada satu halaman saja (misalnya ke halaman postingan), external link tersebut hanya akan berefek kepada satu halaman saja. Makanya, teknik mengarahkan external link menuju HTML Sitemap adalah salah satu cara mendistribusikan PageRank secara merata ke semua halaman blog.
Jika anda menggunakan blog berbasis CMS WordPress, anda bisa mencari “SGR Clean Archives”, atau plugin-plugin lain untuk membuat halaman HTML Sitemap otomatis pada blog.
Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda, dan akhir kata makasih sudah mampir di Blognya Erwin Miradi. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Link Anda Dengan Komentar, Untuk meningkatkan SEO blog Anda